Programmer Adalah: Jenis dan Skill yang Wajib Dikuasai

Programmer Adalah: Jenis dan Skill yang Wajib Dikuasai

Programmer Adalah: Jenis dan Skill yang Wajib Dikuasai – Programmer adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat menjanjikan terutama saat di tengah perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini. Setiap tahunnya pasti aplikasi-aplikasi di Google Play Store dan App Store terus bertambah. Hal ini adalah salah satu hasil kerja programmer, yaitu programmer adalah yang mengelola dan merancang aplikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Singkatnya, programmer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masyarakat. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer sekarang adalah waktu yang tepat. Nah, sebelum Anda mencobanya pastikan dahulu memahami pengertian, jenis dan skill yang wajib dikuasai oleh programmer.

Apa Itu Programmer?

Nah, programmer adalah orang yang memiliki tanggung jawab membuat sistem bahasa pemrograman. Itulah sebabnya disebut sebagai programmer karena tugasnya membuat sistem pemrograman dan prosesnya adalah merancang, menulis kode hingga menguji program sampai bisa digunakan. Jenis sistem yang dipakai programmer cukup bervariasi.

Contohnya adalah website, software, web App hingga aplikasi mobile yang kerap kita gunakan sehari-hari. Cara membuatnya juga terdapat banyak bahasa pemrograman yang wajib dikuasai, seperti Python, PHP, JavaScript dan yang lainnya. Agar Anda bisa memahami lebih banyak lagi mengenai jenis-jenis programmer bisa simak penjelasan di bawah ini.

Jenis-jenis Programmer Paling Umum

Jenis-jenis programmer berdasarkan dengan keahlian yang lebih spesifik adalah :

  • Software Developer

Software developer merupakan jenis programmer yang khusus membuat aplikasi maupun software dalam skala kecil atau skala besar seperti di perusahaan. Umumnya software yang dikembangkan khusus untuk suatu sistem operasi saja, namun sekarang sudah cukup banyak software yang bisa berjalan di sejumlah sistem operasi, seperti MacOS, Windows, Android dan yang lainnya.

Seorang software developer juga harus bisa merancang, mengelola dan juga mengorganisir data software agar bisa mendukung kinerjanya jauh lebih optimal.

  • Web Developer

Web developer adalah programmer yang khusus untuk membangun dan mengembangkan website. Di bidang ini sangat populer dan sangat dibutuhkan di dunia kerja karena melihat semakin besarnya kebutuhan website development. Web development ini memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu front end developer yang fokus ke tampilan maupun desain website dengan cara memperhatikan user interface dan experience.

Jenis yang kedua adalah back end developer yaitu bertanggung jawab supaya website dapat bekerja dengan baik, seperti coding, pertukaran data, server dan yang lainnya. Nah, terakhir adalah full stack developer yang merupakan gabungan dari front end dan back end. Tugas programmer adalah memastikan tampilan website unik dan juga menjaga kestabilan hingga keamanan website dengan baik.

  • Data Administration

Data administration biasanya bertugas dengan data dan perbedaannya dengan jenis programmer yang satu ini adalah pada keamanan data sebuah program maupun sistem. Apabila Anda ingin menjadi seorang database administration harus belajar mengenai query sarana komunikasi data dan database.

Anda juga harus mengusai ilmu statistik dan juga analisis sehingga dengan semua skill tersebut pekerjaan Anda akan jadi lebih mudah dikerjakan.

  • Data Scientist

Data scientist biasanya berkutat dengan data dan bukan pada pembuatan aplikasi. Agar bisa menjadi seorang scientist wajib memiliki skill yang tinggi dalam menganalisis data dan didukung juga dengan kemampuan matematika dan statistika yang cukup baik.

Keahlian dari seorang data scientist sangat dibutuhkan juga karena semakin meningkatkannya bisnis online sekarang ini. Itulah sebabnya jadi programmer di bidang ini cukup diminati dan menjanjikan karena mendapatkan penghasilan besar.

  • Database Developer

Database Developer adalah pekerjaan programming yang berkaitan dengan data, program computer ini bertugas untuk mengelola database.

Seorang database developer harus bisa merancang system, membuat system, memantau system, dan memperbaiki system program computer yang berkaitan dengan database. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah C++, PHP, dan Ruby yang selalu berhubungan dengan data.

  • Mobile App Developer

Terakhir adalah mobile App developer yang merupakan jenis programmer yang sedang naik daun saat ini. Mereka fokus untuk mengembangkan aplikasi mobile, baik itu berbasis iOS atau Android.

Apalagi penggunaan perangkat mobile jauh lebih praktis, seperti tablet dan smartphone sehingga menjadikan kebutuhan aplikasi kian meningkat. Contohnya adalah aplikasi sosial media, transportasi, game, keuangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian contoh jenis-jenis programmer adalah berdasarkan dengan keahliannya yang wajib Anda pahami dan bisa coba kesempatan yang ada jika tertarik

Skill yang Wajib Dikuasai Programmer Adalah

Skill-skill yang wajib dikuasai oleh programmer adalah diantaranya :

  • Dapat Menguasai Bahasa Pemrograman

Salah satu skill yang wajib dikuasai oleh programmer adalah harus menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan kumpulan sintaks yang memiliki fungsi untuk memerintahkan perangkat lunak di komputer. Memakai bahasa pemrograman itu seperti Anda berkomunikasi dengan komputer supaya bisa melakukan sesuatu sesuai dengan perintah.

Baca Juga : https://scholarsoul.com/programmer-adalah-jenis-dan-skill-yang-wajib-dikuasai/

Programmer Adalah: Jenis dan Skill yang Wajib Dikuasai

  • Dapat Memahami Konsep dan Kebutuhan Pemrograman

Skill yang kedua adalah harus memahami konsep dan kebutuhan pemrograman dengan baik. Setiap programmer harus bisa menguasai analisis konsep di sebuah program.

Contohnya klien Anda ingin website toko online dengan landing page sampai tracking pengiriman produk. Itulah sebabnya Anda harus bisa memetakan konsep dan juga alur customer journey dengan baik dan efektif.

  • Dapat Memahami Sistem Operasi

Skill yang ketiga adalah harus memahami sistem operasi secara baik karena rancangan dari program tersebut harus sesuai dengan sistem operasi yang diinginkan, apalagi jika Anda membuat project dari seorang klien.

Nah, dengan mempunyai kemampuan bisa memahami sistem operasi, maka Anda bisa mengembangkan sistem dengan bahasa pemrograman dengan baik dan sesuai. Contohnya adalah saat Anda membuat software untuk Windows sehingga harus bisa memakai C#, SQL, ASP dan yang lainnya.

  • Dapat Memahami Database

Skill yang keempat sebagai seorang programmer adalah dapat memahami database, seperti konten, data user hingga data yang berupa perintah sistem. Semua ini harus disimpan pada sistem database agar bisa dikelola dengan mudah. Itulah sebabnya Anda harus bisa memahami database dengan baik.

Anda dapat mengelola relasi antar data di tabel database dan sistem penyimpanan data itu.

  • Dapat Menguasai Algoritma

Skill kelima adalah programmer harus bisa menguasai algoritma karena hal ini merupakan istilah yang kerap dipakai untuk menyebutkan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan baik. Nah, dalam merancang aplikasi tentu saja seorang programmer harus menentukan metode yang baik dan tepat untuk memproses sistemnya.

Algoritma jadi kunci utama yang harus dimiliki oleh seorang programmer, disamping itu Anda juga perlu memahami fungsi, sejumlah tipe data dan juga perulangan atau looping.

  • Mempunyai Soft Skill yang Baik

Skill yang kelima adalah mempunyai softskill yang cukup baik. Seorang programmer adalah orang yang tentu saja tidak hanya berkutat dengan dunia coding maupun hal-hal secara teknis saja. Ada sejumlah softskill yang harus dimiliki oleh seorang programmer.

Contohnya adalah berpikir logis dan sistematis, problem solving, kemampuan manajemen waktu dan sumber data secara efektif, kemampuan analisis, menguasai bahasa Inggris, khususnya untuk bisa memahami coding.

Tips Menjadi Programmer untuk Pemula

  • Memilih Bahasa Pemrograman yang Disukai

Bahasa pemrograman bagi seorang programmer merupakan suatu hal yang penting, karena segala hal yang berhubungan mengenai program yang dibuat membutuhkan bahasa pemrograman untuk diaplikasikan ke perangkat yang diinginkan.

Apabila Anda ingin menjadi programer, setidaknya pelajari terlebih dahulu bahasa pemrograman secara mendasar dan tentukan bahasa pemrograman yang ingin kalian kuasai, atau Anda bisa mulai dari bahasa pemrograman yang lebih mudah terlebih dahulu (misal HTML) kemudian baru berlanjut ke bahasa pemrograman yang lebih susah.

Sebagai seorang programer sebaiknya menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman agar lebih fleksibel saat melakukan pekerjaan.

  • Menentukan Metode Pelajaran yang Diikuti

Tips berikutnya untuk memahami dunia programmer dengan baik adalah menentukan metode belajar yang akan Anda lakukan. Anda bisa belajar melalui beberapa cara seperti:

  • Sekolah bidang ilmu computer, baik sejak SMK atau kuliah dengan mengambil jurusan seperti ilmu computer atau teknik informatika
  • Bootcamp, suatu cara belajar yang dapat dilakukan dengan terfokus khusus untuk Anda yang ingin menguasai programming secara cepat dapat dilakukan melalui bootcamp. Bootcamp biasanya ditempuh selama empat bulan hingga satu tahun bergantung pada paket yang ditawarkan.
  • Kursus online, kemudahan menggunakan internet saat ini memberikan dampak positif dalam belajar programming, beberapa website telah memberikan penawaran kelas belajar programming secara online sebagai sarana kita belajar mengenai programming.
  • Otodidak, apabila Anda belum mempunyai biaya yang cukup untuk menempuh sekolah, kursus, maupun bootcamp maka tidak ada salahnya untuk mempelajari programming secara otodidak.

Banyak referensi yang bisa digunakan saat ini seperti buku, e-book, video tutorial, dan situs internet yang memudahkan kita untuk mulai belajar programming tanpa mengeluarkan biaya terlalu besar.

  • Membuat dan Merancang Jadwal Belajar

Hal terpenting dalam langkah awal menjadi programmer adalah belajar, susunlah jadwal belajar Anda sebaik mungkin tanpa mengganggu jadwal harian Anda.

Akan lebih mudah menentukan jadwal bila Anda mengikuti kuliah, kursus, maupun bootcamp yang telah memiliki jadwal terstruktur. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga membuat dan menentukan jadwal belajar mandiri untuk memperdalam ilmu yang telah didapat.

  • Melakukan Praktek

Setelah belajar, hal selanjutnya yang perlu dilakukan tentu saja mempraktekkan hasil belajar yang telah diperoleh. Lakukan praktek langsung setelah Anda mempelajari hal baru dan praktekkan terus secara berulang-ulang sehingga Anda menjadi terbiasa untuk menulis bahasa pemrograman sesuai aplikasi yang kalian gunakan.

Jangan mudah menyerah bila mengalami kegagalan atau kerusakan dan perbanyaklah praktek yang dilakukan. Apabila melakukan kesalahan, belajarlah untuk memperbaiki kesalahan tersebut hingga Anda terbiasa dengan bahasa pemrograman tersebut.

  •  Membuat Projek

Setelah terbiasa dengan bahasa pemrograman yang dipelajari, ada baiknya Anda mulai berlatih untuk membuat suatu projek mandiri yang dilakukan untuk melihat hasil karya yang telah dibuat.

Membuat projek akan menunjukkan seberapa jauh Anda menguasai bahasa pemrograman yang telah dipelajari. Beberapa projek yang bisa dilakukan misalnya membuat situs web, membuat aplikasi, atau memodifikasi website dan aplikasi yang telah ada.

Itulah penjelasan singkat mengenai programer dan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi programer pemula. Tekunil

Nah, itulah penjelasan tentang programmer dimana skill yang harus dimiliki oleh programmer adalah hal yang penting sehingga Anda harus mempelajarinya dengan baik agar bisa menjadi programmer profesional. Tertarik belajar menjadi programmer dari dasar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *