3 KOMPONEN SISTEM KOMPUTER : HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE

3 KOMPONEN SISTEM KOMPUTER HARDWARE SOFTWARE DAN BRAINWARE

3 KOMPONEN SISTEM KOMPUTER : HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE – Layaknya internet, komputer adalah benda wajib yang harus dimiliki di era digital seperti sekarang. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan bantuan komputer seperti mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan kantor atau hanya sekedar untuk berselancar di dunia maya. Sadarkah Anda bahwa sistem komputer terdiri dari tiga komponen penting yaitu hardware, software dan brainware. Penjelasan detail tentang komponen sistem komputer akan dipaparkan dalam artikel berikut ini.

1. Hardware/ Perangkat Keras

Hardware merupakan perangkat keras yang kasat mata dan memiliki wujud fisik yang dapat diraba. Hardware pada komputer sendiri masih dibagi lagi menjadi empat bagian yaitu input device, output device, processing device dan storage device. Berikut ulasannya :

  • Input Device/ Perangkat Masukan

Bagian pertama adalah input device atau perangkat masukan. Yang termasuk dalam input device ini adalah keyboard, mouse, webcam dan juga scanner. Perangkat tersebut dikategorikan input device karena fungsinya sebagai alat untuk memasukan berbagai data dan juga perintah pada komputer. Sebuah data atau instruksi harus di input terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang seperti kita inginkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah unit input yang menjadi sebuah gerbang untuk data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. Bentuk-bentuk data yang telah diinput akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama.

  • Processing Device/ Perangkat Proses

Data yang dimasukan melalui input device selanjutnya akan diolah melalui processing device. Dengan kata lain, processing device adalah perangkat yang berfungsi untuk mengolah berbagai data yang berasal dari input device. Yang termasuk dalam processing device adalah CPU (Central Processing Unit). Peran CPU sangat penting didalam sebuah komputer karena merupakan otak dari sistem komputer. CPU sekaligus juga perangkat yang mengatur semua perangkat internal dan eksternal di komputer.

  • Output Device/ Perangkat Keluaran

Perangkat keluaran atau output device adalah perangkat yang memberikan atau mengeluarkan hasil dari data yang masuk dan telah diproses. Contoh dari output device ini adalah monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon.  Dengan kata lain output device ini menyajikan segala informasi yang didapat dari pemrosesan sistem komputer seperti gambar, suara dan video.

Baca Juga : https://scholarsoul.com/3-komponen-sistem-komputer-hardware-software-dan-brainware/

3 KOMPONEN SISTEM KOMPUTER  HARDWARE SOFTWARE DAN BRAINWARE

  • Storage Device/ Perangkat Penyimpanan

Perangkat terakhir pada hardware adalah perangkat penyimpanan. Sesuai dengan namanya, perangkat ini adalah alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai data. Storage device sendiri terdiri dari dua macam yaitu internal storage dan eksternal storage. Contoh dari internal storage adalah harddisk dan RAM. Sedangkan external storage misalnya adalah harddisk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

2. Software/ Perangkat Lunak

Komponen sistem komputer selanjutnya adalah software. Berkebalikan dari hardwaresoftware adalah komponen yang tak kasat mata. Software dalam komputer adalah komponen penting karena berperan menjalankan segala perintah yang masuk ke hardware. Software dapat diartikan juga sebagai suatu kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer, bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi perintah. Software dibagi menjadi tiga yaitu software sistem, software aplikasi dan software tambahan. Software sistem merupakan software utama yang sangat penting karena bertugas mengatur komponen pada komputer secara menyeluruh. Contoh software diantaranya adalah Windows Xp, Windows 2000, Windows 7, Linux, IOS dan lain-lain. Software aplikasi adalah kategori untuk software yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa software aplikasi merupakan software pelengkap pada komputer yang digunakan sebagai sarana pengolahan data. Contohnya adalah web browser, software office, game dan lainnya. Sedangkan software tambahan adalah software yang menjalankan tugas-tugas khusus atau tambahan sekaligus melindungi hardware. Contohnya seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan lain-lain.

3. Brainware

Komponen terakhir yang menutup serangkaian komponen sistem komputer adalah brainware. Brainware yaitu orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer. Brainware sangat penting karena komputer tidak dapat bermanfaat jika tidak dioperasikan oleh manusia. Jadi brainware merupakan setiap orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan pemanfaatan komputer. Contoh dari brainware diantaranya adalah programmer, sistem analis, operator dan administrator.

Selesai sudah rangkaian informasi yang bisa Anda baca mengenai komponen sistem komputer. Melalui artikel diatas, Anda jadi tahu bahwa komputer terdiri dari tiga komponen utama yaitu hardware, software dan juga brainware. Selain itu Anda menjadi paham tentang fungsi dan contoh-contoh dari berbagai komponen sistem komputer tadi. Selain bermanfaat, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *